ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MATARAM DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA BERKAITAN DENGAN MATERI BILANGAN PECAHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: WIJAYANTI, FUJI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/12073/1/SKRIPSI%20%20FUJI%20WIJAYANTI%20%28E1R114018%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/12073/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat dan persentase kesalahan siswa pada tiap-tiap tahapan pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita yang berkaitan dengan materi bilangan pecahan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Mataram yang terdiri dari 32 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes pemecahan masalah yang terdiri dari 3 soal berbentuk uraian. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan pedoman penilaian yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: memahami masalah, menyususn rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil: (a) Tahap memahami masalah dengan nilai rata-rata 1,2 dengan kategori sangat rendah, pada tahap menyusun rencana dengan rata-rata 4,9 dengan kategori rendah, pada tahap melaksanakan rencana dengan nilai 5,4 pada kategori sedang dan pada tahap mengecek kembali dengan nilai rata-rata 7,6 dengan kategori tinggi, (b) Persentase kesalahan pada tahap memahami masalah sebesar 9,90%, pada tahap menyusun rencana sebesar 40,63%, pada tahap melaksanakan rencana sebesar 45,05%, dan pada tahap mengecek kembali sebesar 63,02%.