AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT: A CASE STUDY AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 1 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2018/2019

Main Author: LESTARI, FAJAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11976/1/JOURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11976/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa, kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas X di SMKN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh dan sampelnya adalah kelas X AK1 yang terdiri dari 31 siswa. Berdasarkan data, 1) kemampuan siswa kelas sepuluh ada dalam kategori cukup. Ada 2 siswa (6.45%) sebagai kategori terbaik, 15 siswa (48.39%) sebagai kategori bagus, 10 siswa (32.26%) sebagai kategori cukup, 2 siswa (6.45%) sebagaikategori kurang, dan 2 siswa (6.45%) sebagai kategori kurang sekali; 2) kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif adalah kesulitan dalam memahami struktur kalimat atau tata bahasa, memilih kata atau kosa kata yang sesuai, memulai tulisan mereka, dan pengembangan ide; 3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif adalah sebagai berikut: siswa tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari mereka, siswa sedikit berlatih dalam aktivitas menulis, bahasa Inggris adalah sebuah pelajaran yang sulit di pelajari, siswa kurang memahami struktur teks dan siswa tidak suka belajar pelajaran bahasa Inggris.