PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: WIDYANINGSIH, EKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11933/1/JURNAL%20EKHA.docx
http://eprints.unram.ac.id/11933/
ctrlnum 11933
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/11933/</relation><title>PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN&#xD; AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 30 AMPENAN&#xD; TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>WIDYANINGSIH, EKA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN 30 AMPENAN, ditemukan masalah pada mata pelajaran IPA yaitu proses pembelajaran didalam kelas di dominasi oleh penerapan metode ceramah dan pembelajaran seperti ini sangat membosankan bagi siswa. Pembelajaran seperti ini tidak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 30 Ampenan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksankan dalam 2 kali pertemuan. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis dalam bentuk essay dan acak kata (scramble) pada tiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari berkategori aktif pada siklus I menjadi berkategori sangat aktif pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siswa yang tuntas sebanyak 26 orang dengan ketuntasan klasikal 76,47%, dan pada siklus II dengan siswa yang tuntas sebanyak 30 orang dengan ketuntasan klasikal 88,23%. Dapat disimpulkan dengan diterapkannya metode scramble pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 30 Ampenan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/11933/1/JURNAL%20EKHA.docx</identifier><identifier> WIDYANINGSIH, EKA (2014) PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>11933</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author WIDYANINGSIH, EKA
title PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/11933/1/JURNAL%20EKHA.docx
http://eprints.unram.ac.id/11933/
contents Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN 30 AMPENAN, ditemukan masalah pada mata pelajaran IPA yaitu proses pembelajaran didalam kelas di dominasi oleh penerapan metode ceramah dan pembelajaran seperti ini sangat membosankan bagi siswa. Pembelajaran seperti ini tidak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 30 Ampenan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksankan dalam 2 kali pertemuan. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis dalam bentuk essay dan acak kata (scramble) pada tiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari berkategori aktif pada siklus I menjadi berkategori sangat aktif pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siswa yang tuntas sebanyak 26 orang dengan ketuntasan klasikal 76,47%, dan pada siklus II dengan siswa yang tuntas sebanyak 30 orang dengan ketuntasan klasikal 88,23%. Dapat disimpulkan dengan diterapkannya metode scramble pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 30 Ampenan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
id IOS5428.11933
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:10:03Z
last_indexed 2019-05-08T15:10:03Z
recordtype dc
_version_ 1686351260773515264
score 17.538404