Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: NOPIANTI, RINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11932/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/11932/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah. Dikatakan demikian karena sebanyak 64% siswa belum mencapai nilai sesuai dengan KKM yaitu 70. Jadi, bagaimanakah penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Nyurlembang yang berjumlah 25 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika ≥ 80 % siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata hasil belajar sebesar 67,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5 %. Pada`siklus II, rerata hasil belajar meningkat menjadi 83,6 dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 91,7%. Jadi dengan penerapan metode pemberian tugas, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata plajaran Matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa semester I kelas IV SDN Nyurlembang tahun pelajaran 2010/2011.