Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | NOPIANTI, RINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11932/1/BAB%20I.docx http://eprints.unram.ac.id/11932/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah. Dikatakan demikian karena sebanyak 64% siswa belum mencapai nilai sesuai dengan KKM yaitu 70. Jadi, bagaimanakah penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Nyurlembang yang berjumlah 25 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika ≥ 80 % siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata hasil belajar sebesar 67,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5 %. Pada`siklus II, rerata hasil belajar meningkat menjadi 83,6 dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 91,7%. Jadi dengan penerapan metode pemberian tugas, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata plajaran Matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa semester I kelas IV SDN Nyurlembang tahun pelajaran 2010/2011.