PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 KEKERI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Dewi, Ni Made Trisna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11910/1/JURNAL%20NI%20MADE%20TRISNA%20DEWI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11910/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada materi kenampakan alam siswa kelas V SDN 2 Kekeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Index card Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kekeri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa meode pembelajaran Index Card Match, sedangkan kelas VA merupakan kelas kontrol yang diberikan perlakuan metode pembelajaran Talking Stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupas tes pilihan ganda dan lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas mengajar guru. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t-polled varian). Berdasarkan hasil belajar pada tahap post- test diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 79,45 dan kelas kontrol adalah 75,83. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 2,251 dan ttabel 2,019 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui thitung > ttabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Kekeri Tahun Pelajaran 2018/2019.