PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 MONTONG GADING

Main Author: WINARTI, ANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11895/1/JURNAL%20ANI%20WINARTI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11895/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dalam bentuk pretest-posttest. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading sebanyak 69 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Census sampling (sampel jenuh). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Gain uji T pada taraf 5%. Dari analisis diperoleh thitung (2.34) > ttabel (1.67). Nilai rata-rata kelas eksperimen (34,33) > kelas kontrol (18,93), ketuntasan kelas eksperimen (40,00%) > kelas kontrol (18.52%). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading.