Penggunaan Konjungsi dalam Teks Genre Faktual pada Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Main Authors: | Asyhar, Mochammad, Sudika, I Nyoman, Jafar, Syamsinas |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11850/1/Artikel%20Penelitian%20PNBP%202018.doc http://eprints.unram.ac.id/11850/ |
Daftar Isi:
- Konjungsi dalam membangun konstruksi bahasa tidak bisa disepelekan karena berkaitan dengan kelogisan isi sebuah struktur bahasa tersebut. Hal itu disebabkan kelogisan struktur bahasa erat kaitannya dengan penalaran seseorang. Berkaitan dengan hal itu, pengajaran bahasa Indonesia sangat penting untuk membangun penalaran yang baik karena penalaran sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahasa. Oleh karena itu, telaah tentang penggunaan konjungsi dalam buku ajar, khususnya untuk SMP, masih layak dilakukan dalam bentuk penelitian. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis-jenis konjungsi apa saja yang digunakan dalam teks genre faktual pada buku ajar Bahasa indonesia SMP, (2) memerikan penggunaan konjungsi dalam teks genre faktual pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP, dan (3) memberikan gambaran problematika penggunaan konjungsi dalam teks genre faktual pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP. Analisis dilakukan dengan teori-teori sintaksis, meliputi teori tentang frase, klausa, kalimat, dan konjungsi serta dengan metode padan intralingua dan metode agih. Penggunaan konjungsi-konjungsi tersebut ada yang sesuai dengan norma bahasa Indonesia dan ada pula yang menyimpang dari kaidah.