STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING ENGLISH DESCRIPTIVE TEXT: A CASE STUDY AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 11 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2017/2018
Main Author: | FITRIA, LAILI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11807/1/jurnal%20laily.pdf http://eprints.unram.ac.id/11807/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul "Kesulitan Siswa dalam Memahami Teks Deskriptif Bahasa Inggris: Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Mataram". Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memahami teks deskriptif bahasa Inggris yang berasal dari unsur pemahaman bacaan; menentukan topik, menemukan ide utama, membuat kesimpulan, menemukan kosa kata, dan menemukan referensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan data dari kelas VIIIF yang terdiri dari 22 siswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Untuk menganalisa data penelitian ini menggunakan tiga jenis instrumen yaitu: tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam prestasi membaca adalah 31,32, yang dikategorikan "tidak memuaskan" dan kesulitan siswa dalam memahami teks deskriptif bahasa Inggris adalah membuat kesimpulan (25,85%), menemukan ide pokok (19,85%), menemukan referensi (19.08), menemukan kosakata (18,05%), dan menentukan topik tentang (17,53%). Hasil kuisioner dan wawancara siswa di SMPN 11 Mataram memiliki persepsi buruk / negatif terhadap pemahaman teks Deskriptif Bahasa Inggris. Mereka mengatakan bahwa teks deskriptif sulit dipahami karena tidak bisa menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan sulit untuk memahami arti kata-kata dalam teks bacaan.