An Analysis of Factors Influencing Students’ Motivation in Learning English: A Descriptive Study at Third Year Students of English Department FKIP University of Mataram in Academic Year 2016/2017

Main Author: ROSIANA, FIRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11793/1/Journal_Vira.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11793/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki factor-faktor yang mempengaruhi motivasi dari siswa tahun ketiga pendidikan bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram pada tahun akademik 2016/2017 dalam mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini adalah bentuk penelitian deskriptif yang menggunakan metode campuran yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitaf. Sampling acak sederhana dilakukan dengan menggunakan teknik lotre.data dikumpulkan dengan menggunakan questioner yang dibagi menjadi 2 bagian dan secara keseluruhan terdiri dari 38 poin-poin. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa-siswa terutama terpengaruhi oleh factor-faktor intrinsic. Ditemukan bahwa 68% peserta termotivasi secara intrinsic oleh ketertarikan pribadi dalam mempelajari bahasa Inggris, mereka pikir bahwa bahasa Inggris penting, dan keinginan untuk menjadi seorang yang berpengengetahuan luas dan mereka menyadari kelemahan mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi siswa dan pencapaian akademik mereka. Sejumlah 55% siswa dengan pencapaian akademik tinggi memiliki tingkat motivasi tinggi; sementara 45% sisanya memiliki tingkat motivasi rata-rata. Disisi lain, 53% siswa dengan pencapaian akademik rendah memiliki motivasi rata-rata dan 47% dari mereka memiliki motivasi tinggi. Tingkat motivasi tinggi didominasi oleh siswa-siswa dengan pencapaian akademik tinggi. Pada saat yang sama, pencapaian akademik rendah didominasi oleh siswa-siswa dengan motivasi yang lebih rendah (motivasi rata-rata). Dengan kata lain, motivasi siswa sedikit mempengaruhi pencapaian belajar mereka..