HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Khaerunnisa, Nani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1179/1/SKRIPSI%20JADI%201%20BURNING.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1179/
ctrlnum 1179
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/1179/</relation><title>HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA&#xD; KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR&#xD; TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>Khaerunnisa, Nani</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kinerja Guru, Gambaran&#xD; Prestasi Belajar Siswa dan Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa&#xD; Kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini&#xD; didasari dari permasalahan bahwa diduga kinerja guru berkaitan dengan prestasi belajar&#xD; siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian&#xD; kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi yang menggunakan metode penelitian ex&#xD; post facto. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan&#xD; dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product&#xD; Moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil secara&#xD; Proportional Random Sampling pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar&#xD; Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&#xD; nilai rata-rata kinerja guru adalah 20 (tinggi). Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar&#xD; siswa adalah 79 (cukup tinggi). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja&#xD; guru dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( r )&#xD; antara variabel kinerja guru dan prestasi belajar siswa adalah 0,602 pada taraf&#xD; signifikansi 5% dengan rhitung &gt; rtabel (0,602 &gt; 0,254) yang berarti bahwa variabel kinerja&#xD; guru dan variabel prestasi belajar siswa berkorelasi secara signifikan</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/1179/1/SKRIPSI%20JADI%201%20BURNING.pdf</identifier><identifier> Khaerunnisa, Nani (2017) HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>1179</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khaerunnisa, Nani
title HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/1179/1/SKRIPSI%20JADI%201%20BURNING.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1179/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kinerja Guru, Gambaran Prestasi Belajar Siswa dan Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini didasari dari permasalahan bahwa diduga kinerja guru berkaitan dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi yang menggunakan metode penelitian ex post facto. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product Moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil secara Proportional Random Sampling pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kinerja guru adalah 20 (tinggi). Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 79 (cukup tinggi). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( r ) antara variabel kinerja guru dan prestasi belajar siswa adalah 0,602 pada taraf signifikansi 5% dengan rhitung > rtabel (0,602 > 0,254) yang berarti bahwa variabel kinerja guru dan variabel prestasi belajar siswa berkorelasi secara signifikan
id IOS5428.1179
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-03-30T03:15:36Z
last_indexed 2018-03-30T03:15:36Z
recordtype dc
_version_ 1686351081318121472
score 17.538404