HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Khaerunnisa, Nani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1179/1/SKRIPSI%20JADI%201%20BURNING.pdf http://eprints.unram.ac.id/1179/ |
ctrlnum |
1179 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/1179/</relation><title>HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>Khaerunnisa, Nani</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kinerja Guru, Gambaran
Prestasi Belajar Siswa dan Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa
Kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini
didasari dari permasalahan bahwa diduga kinerja guru berkaitan dengan prestasi belajar
siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi yang menggunakan metode penelitian ex
post facto. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan
dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product
Moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil secara
Proportional Random Sampling pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar
Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai rata-rata kinerja guru adalah 20 (tinggi). Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar
siswa adalah 79 (cukup tinggi). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja
guru dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( r )
antara variabel kinerja guru dan prestasi belajar siswa adalah 0,602 pada taraf
signifikansi 5% dengan rhitung > rtabel (0,602 > 0,254) yang berarti bahwa variabel kinerja
guru dan variabel prestasi belajar siswa berkorelasi secara signifikan</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/1179/1/SKRIPSI%20JADI%201%20BURNING.pdf</identifier><identifier> Khaerunnisa, Nani (2017) HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>1179</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Khaerunnisa, Nani |
title |
HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS V SDN GUGUS 5 KECAMATAN LINGSAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/1179/1/SKRIPSI%20JADI%201%20BURNING.pdf http://eprints.unram.ac.id/1179/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kinerja Guru, Gambaran
Prestasi Belajar Siswa dan Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa
Kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini
didasari dari permasalahan bahwa diduga kinerja guru berkaitan dengan prestasi belajar
siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi yang menggunakan metode penelitian ex
post facto. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan
dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product
Moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil secara
Proportional Random Sampling pada siswa kelas V SDN Gugus 5 Kecamatan Lingsar
Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai rata-rata kinerja guru adalah 20 (tinggi). Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar
siswa adalah 79 (cukup tinggi). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja
guru dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( r )
antara variabel kinerja guru dan prestasi belajar siswa adalah 0,602 pada taraf
signifikansi 5% dengan rhitung > rtabel (0,602 > 0,254) yang berarti bahwa variabel kinerja
guru dan variabel prestasi belajar siswa berkorelasi secara signifikan |
id |
IOS5428.1179 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-03-30T03:15:36Z |
last_indexed |
2018-03-30T03:15:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351081318121472 |
score |
17.538404 |