PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THING-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 35 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | APRIYANI, NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1176/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/1176/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada hasil ulangan matematika yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang antusiasnya siswa terhadap pelajaran matematika karena dianggapnya sulit, guru lebih dominan dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IV SDN 35 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 35 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan setiap akhir siklus, data hasil belajar siswa dikatakan meningkat apabila ketuntasan klasikalnya ≤ 85% siswa mendapat nilai ≤ 75. Pada hasil belajar siswa saat siklus I diperoleh dengan nilai rata-rata yaitu 73,75 dengan persentase ketuntasan klasikal 60%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 79,75 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Dapat disimpulkan pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IV SDN 35 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017.