“THE EFFECTIVENESS OF PICTURE SERIES IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT: AN EXPERIMENTAL STUDY AT NINTH GRADE OF SMPN 1 KURIPAN ACADEMIC YEAR 2017/2018”
Main Author: | HATINA, HATINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11750/1/A%20JOURNAL%20HATINA.pdf http://eprints.unram.ac.id/11750/ |
Daftar Isi:
- Thesis ini berjudul “Keefektifan Gambar Seri Dalam Mengajar Menulis Teks Narratif : Pembelajaran Eksperimental pada Kelas Sembilan di SMPN 1 Kuripan pada Tahun Ajaran 2017/2018” adalah ditujukan untuk mengetahui ketertarikan siswa dalam menulis, terutama dalam pengajaran menulis teks naratif dengan menggunakan gambar seri. Populasi penelitian ini adalah 125 siswa, dan sampel adalah 50 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes tulis. Penelitian ini dirancang sebagai pembelajaran eksperimental untuk melihat keefektifan gambar seri dalam pengajaran penulisan teks narratif. Ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran eksperimental adalah untuk melihat keefektifan gambar seri dalam pengajaran penulisan naratif teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian gambar sebagai media penulisan teks naratif efektif dalam pengajaran penulisan naratif teks. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada tingkat signifikan 5%, nilai t-test ˃ t-table (2.8286 ˃ 2000). Menurut kriteria pengujian, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa dalam pengajaran menulis teks naratif dengan menggunakan gambar seri sebagai media dan tanpa menggunakan gambar seri. Artinya, gambar seri efektif dalam mengajarkan penulisan teks naratif pada siswa kelas sembilan SMPN 1 Kuripan.