IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT THROUGH COLORFUL PICTURE (A Classroom Action Research at Class VIIB of SMPN 13 Mataram in Academic Year 2014/2015)
Main Author: | LESTARI, TRI ALFIANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11698/1/TRI%20ALFIANTI%20LESTARI.pdf http://eprints.unram.ac.id/11698/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIB SMPN 13 Mataram dengan jumlah siswa 42 orang (22 Laki-laki dan 20 Perempuan). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I berjalan 4 jam pelajaran dan siklus II berjalan 2 jam pelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang setiap siklus terdiri dari (i) Perencanaan, (ii) Tindakan dan Observasi; dan (iii) Analisis dan Refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan refleksi. Skor siswa di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa mempunyai masalah pada Pemilihan Kata, Ciri-ciri Kebahasaan dan Urutan Kata. Skor rata-rata pada siklus I adalah 72,16 dengan indikator pencapaian 47,62%. Itu berarti bahwa 75% siswa tidak dapat melewati skor 75 yang mana adalah standar minimal bahasa inggris (KKM). Jadi, peneliti mengadakan siklus II dengan menerapkan beberapa peningkatan untuk memperoleh kesuksesan dalam penelitian ini. Pada siklus II, kesuksesan di peroleh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media gambar berwarna dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif di kelas VIIB SMPN 13 Mataram dengan skor rata-rata 77,47% dengan indicator pencapaian 78,57%.