THE USE OF MAKE A MATCH TECHNIQUE FOR TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT An Experimental Study at the First Grade Students of MA DI Putri Nurul Hakim Kediri in Academic Years 2014/2015

Main Author: NADA, QUTRATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11694/1/QUTRATUN%20NADA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11694/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari pengguan tehnik Make a Match untuk pengajaran menulis deskriptif teks. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yakni two group design : kelompok eksperimental dan kelompok control dimana setiap kelompok terdiri dari 29 siswa. Tehnik pengambilan sampling menggunakan tehnik . Pengambilan data dilakukan melalui pemberian pre test, perlakuan (treatment), dan post test. Kelompok eksperimental diberi perlakuan pembelajaran tehnik make a match. Sedangkan kelompok control diberi perlakuan pembelajaran tehnik PPP. Tehnik PPP di gunakan pada kelompok kontrol karena tehnik ini sering digunakan oleh guru di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t lebih tinggi dari table t, dimana hasilnya adalah 2.198 > 2.009 pada taraf signifikasi .05 (95%) dengan derajat kebebasan (df) 56. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) yang menyatakan bahwa tidak terdapat efek signifikan dari penggunaan tehnik make a match untuk pengajaran deskriptif teks ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat efek signifikan dari penggunaan tehnik make a match untuk pengajaran deskriptif teks diterima. Hal ini menunjukan bahwa tehnik make a match memberikan efek yang signifikan terhadap pengajaran desriptif teks siswa kelas X MA DI Putri Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 2014/2015.