THE EFFECTIVENESS OF DRAMA IN TEACHING SPEAKING SKILL: An experimental study on grade eleventhSMA Negeri 7 Mataram Academic Year 2014/2015

Main Author: LINAWATI, LINAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11677/1/journal%20lina.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keefektipan penggunaan drama dalam mengajar kemampuan berbicara.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas sebelas dari SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2014/2015, sampel dari penelitian ini menggunakan tehnik cluster random.penulis menetapkan kelas XI IPA5 sebagai grup experimental dan kelas XI IPA 2 sebagai grup kontrol.penulis mengatur tes lisan (pre-test dan post-test) untuk memproleh data. Jumlah rata-rata dari grup experimental adalah 14.2 dengan kwadrat deviasi 2954. dan jumlah rata-rata dari grup kontrol adalah 7.4 dengan kwadrat deviasi 986.penemuan dari penelitian ini menunjukkan nilai dari grup experimental lebih tinggi dari nilai grup control. kemudian uji hipotesis dengan menggunakan t-test untuk menentukan keefektipan drama dalam mengajarkan kemampuan berbicara. Hasil dari t-test (2,63) lebih tinggi dari t-table(2,39) di tingkat kepercayaan .01 (99%), and t-table (1.67) di tingkat kepercayaan .05 (95%). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menjawab pertanyaan penelitian ilmiah bahwa penggunaan dari drama dalam mengajar berbicara adalah efektip.