AN ANALYSIS OF GENDER DIFFERENCES IN READING COMPHERENSION A Case Study on the Second Year Students of SMP Negeri 11 Mataram in Academic Year 2013/2014 AN ANALYSIS OF GENDER DIFFERENCES IN READING COMPHERENSION A Case Study on the Second Year Students of SMP Negeri 11 Mataram in Academic Year 2013/2014

Main Author: LEONITA, CARROLYNE
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11665/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan gender dalam pemahaman membaca pada siswa tahun kedua SMP Negeri 11 Mataram pada tahun akademik 2013/2014. Studi kasus ini mengambil 33 siswa perempuan dan 33 siswa laki-laki. Mengenai pengumpulan data tersebut, kelompok diberi pengujian dan kuesioner dengan jenis yang sama. Perhitungan nilai siswa mengungkapkan bahwa nilai kedua kelompok tergantung pada hasil t-tabel. t- tabel keduanya sama memiliki level signifikan 0.05(95%) dan 0.01(99%) yaitu 1.9977 dan 2.6549,dapat di simpulkan bahwa adanya perbedaan antara nilai perempuan dan laki-laki dalam pemahaman membaca pada siswa tahun kedua SMP Negeri 11 mataram. Hasil questionnaire yang diperoleh perbedaan faktor yang dominant antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswi perempuan lebih cenderung pada faktor intellegensi dan pengalaman dalam memahami bacaan,sedangkan siswa laki-laki lebih fokus pada kemampuan dan minat dalam pemahaman membaca.