THE EFFECTIVENESS OF PAIRED-READING METHOD IN TEACHING READING COMPREHENSION AN EXPERIMENTAL STUDY FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 13 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2014/2015
Main Author: | YULITA, SHINTA SUCI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11642/1/jurnal%20thesis.pdf http://eprints.unram.ac.id/11642/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan metode Paired- Reading dalam pembelajaran pemahaman membaca untuk siswa kelas VIII, SMPN 13 Mataram, tahun akademik 2014/2015. Penelitian eksperimental ini mengambil 30 siswa sebagai eksperimental grup dan 30 siswa sebagai kontrol grup. Berkenaan dengan pengumpulan data, kedua sampel diberikan pre-test dan post-test. Kedua grup tersebut mendapatkan perlakuan yang berbeda, dimana Eksperimental grup diberikan metode Paired-Reading, sementara kontrol grup tidak diberikan metode Paired-Reading. Dalam proses penghitungan skor siswa, terlihat bahwa skor rata-rata grup eksperimental lebih tinggi dari skor rata-rata grup kontrol. Hal ini dapat terlihat dari nilai t-test 2.97. Nilai t-table untuk confidence level of 0.05 (95%) adalah 2.021, dan nilai t-table untuk confidence level of 0.01 (99%) adalah 2.704. Nilai ttest lebih tinggi dari confidence level 0.05 (95%) , dan confidence level of 0.01 (99%). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, metode Paired-Reading efektif digunakan dalam pembelajaran pemahaman membaca untuk siswa kelas VIII, SMPN 13 Mataram, tahun akademik 2014/2015. Diharapkan penggunaan metode Paired-Reading ini, dapat menjadi cara alternatif dalam mengajarkan siswa untuk meningkatkan pemahaman membaca. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi suatu pertimbangan bagi Guru Bahasa Inggris untuk mengaplikasikan metode Paired-Reading, terutama pada siswa Sekolah Menengah Pertama.