THE EFFECT OF USING MIND MAPPING TOWARD STUDENTS’ WRITING ABILITY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT EIGHT GRADE STUDENTS OF SMPN 17 MATARAM

Main Author: Saifullah, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11617/1/Journal%20%28Ahmad%20Saifullah%29.docx
http://eprints.unram.ac.id/11617/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Mind Mapping dalam pengajaran menulis. Penelitian ini menggunakan desain kelompok eksperimen tunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang terdiri dari 20 siswa. Para siswa dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam pengumpulan data, saya menggunakan pre test, pelatihan, post test dan angket. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-test lebih signifikan dari t-tabel, 6.24> 2.093 pada tingkat signifikan 0,05 dan 6,24> 2.861 pada tingkat signifikan 01 di df = 19. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho), yaitu "Penggunaan teknik Mind Mapping tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis" ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) bahwa "Penggunaan teknik Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa" diterima. Ini berarti bahwa teknik Mind Mapping efektif dan merupakan teknik yang baik untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis bahasa Inggris di delapan B SMPN 17 Mataram tahun akademik 2013/2014.