THE USE OF PICTURE STORI IN TEACHING READING NARRATIVE TEXTS: AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMPN 16 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2013/2014
Main Author: | sogata, I Gde Bambang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11570/1/artikel%20I%20Gede.docx http://eprints.unram.ac.id/11570/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam peningkatan kemampuan membaca siswa menggunakan gambar dan tanpa menggunakan gambar. Dua kelas dipilih sebagai sampel yang dikategorikan kedalam kelompok eksperimen dan kontrol. Peneliti memilih sampel menggunakan sampel bertujuan. Kelompok ekperimen diperlakukan menggunakan gambar sedangkan kelompok kontrol diperlakukan tanpa menggunakan gambar. Penulis memakai kelas A yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas B terdiri dari 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Penulis melakukan pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada dampak yang signifikan dari mengajar membaca bahasa Inggris menggunakan gambar untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa, sebab tidak ditemukan hasil dari t-value adalah 1.91 pada tingkat signifikan 05 maupun dari 01 perhitungan menunjukkan bahwa t-value lebih rendah daripada t-table, yang mana 1.91rendah 2.00. Penemuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan gambar tidak dapat mengembangkan kemampuan membaca siswa.