THE USE OF BOTTOM-UP STRATEGY IN TEACHING ENGLISH WRITTEN RECOUNT TEXTS: An Experimental Study at the Eighth Grade Students of SMPN 10 Mataram in the Academic Year of 2012/2013
Main Author: | Lingu, Willem Junior Tua |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11568/1/ARTICLE.docx http://eprints.unram.ac.id/11568/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perihal penerapan strategi pembelajaran bottom-up terhadap murid-murid kelas dua SMP Negeri 10 Mataram pada tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dispesifikasikan untuk mengetahui kemampuan siswa-siswi dalam menulis teks recount. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks recount para murid melalui penerapan strategi pembelajaran bottom-up dalam pengajarannya, (2) untuk mengetahui efektifitas dari penerapan strategi pembelajaran bottom-up dalam pengajaran menulis teks recount, dan (3) untuk mengetahui kontribusi dari strategi pembelajaran bottom-up terhadap kemampuan menulis murid-murid. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 murid dan sampel yang diambil sebanyak 26 murid yang terdiri dari 14 murid perempuan dan 12 murid pria. Data yang dikumpulkan menggunakan pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Dalam menganalisis data, digunakan penghitungan t-test. Penelitian ini menemukan bahwa (1) kemampuan menulis teks recount siswa menggunakan strategi pembelajaran bottom-up dikategorikan kedalam kategori ‘lumayan’ dengan nilai rata-rata mencapai 65.61, (2) penggunaan strategi pembelajaran bottom-up adalah efektif dan hipotesa negatifnya ditolak karena nilai dari t-test (6.3) lebih tinggi daripada nilai t-table pada 95% (2.015) dan 99% (3.365), dan (3) kontribusi dari strategi pembelajaran bottom-up terhadap kesuksesan siswa-siswa mencapai 61.55%. Disimpulkan bahwa penerapan dari strategi pembelajaran bottom-up dalam pengajaran menulis teks recount pada siswa-siswi kelas dua SMP Negeri 10 Mataram pada tahun ajaran 2012/2013 adalah efektif.