PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN PLASTIK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: PRATAMA, ARDIN PUTERA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11525/1/Publis%20JURNAL%20Ardin.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11525/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan plastik pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen jenis quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control grup desain. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 13 Ampenan, siswa kelas VC sebagai kelas eksperimen dan VD sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar (posttest) diuji normalitasnya dengan chi-kuadrat kemudian diuji homogenitasnya menggunakan perbandingan varians terbesar dan varians terkecil, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan Uji-t, uji signifikansi diperoleh ttabel untuk db = 29 adalah 2,045 sehingga thitung> ttabel yaitu 3,121 > 2,045. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT berbantuan plastik pecahan terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN 13 Ampenan.