PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DIKPORA-AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | HARFANI, RESTU DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11458/1/JURNAL.docx http://eprints.unram.ac.id/11458/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ditemukan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Dikpora Ampenan adalah rendahnya kemampuan bercerita anak dan belum digunakannya media film animasi sebagai salah satu media pembelajaran. Guru lebih monoton mengajar menggunakan buku tugas dan majalah anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu desain eksperimen kuasi dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yaitu adanya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara acak. Populasi yang digunakan dalan penelitian ini adalah seluruh PAUD yang berada pada gugus 4 Kecamatan Ampenan sebanyak 7 PAUD. Sampel diambil dari TK DWP Dikpora Ampenan yaitu siswa kelompok A yang terdiri dari 2 kelas. Kelas A1 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 12 anak dan kelas A2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 12 anak, sehingga sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 24 anak. Untuk memperoleh peningkatan kemampuan bercerita yang optimal, kelompok eksperimen diberikan perlakuan sebanyak 4 kali sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi menggunakan instrumen kemampuan bercerita anak kelompok A dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh di uji secara statistik menggunakan rumus T-test komparatif dua sampel. Hasil penelitian ini pada tahap pre-test yaitu untuk kelompok eksperimen 42,5% dan kelompok kontrol 43,75%. Pada tahap post-test yaitu kelompok eksperimen diperoleh hasil 68,54% dan kelompok kontrol 53,75%. Hasil akhir perbandingan pre-test dan post-test yaitu kelompok eksperimen mengalami peningkatan 26,04% sedangkan kelompok kontrol hanya 10%. Diperoleh hasil T-test dimana t-hitung=5,66 > t-tabel=2,074 sehingga penggunaan media film animasi dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Dikpora Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019.