PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMAN 1 KEDIRI
Main Author: | HAPIZAH, SARIFA SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1141/1/SKRIPSI_SARIFA%20SITI%20HAPIZAH%20%28E1M013048%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/1141/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI SMAN 1 Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design pretest-posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kediri yang terdiri dari dua kelas, dengan jumlah total sebanyak 44 siswa. Dengan kondisi ini, seluruh populasi digunakan sebagai sampel (sampling jenuh). Sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran POE dengan metode praktikum dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab. Hasil uji hipotesis dengan uji Anakova mendapatkan Fhitung sebesar 26,26 sedangkan nilai Ftabel sebesar 4,07 dengan taraf signifikan 5%, karena Fhitung > Ftabel (26,26 > 4,07), Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran POE dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model POE dengan metode praktikum lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvesional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI SMAN 1 Kediri.