PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | RANGGA, MEI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11388/1/artikel%20new.pdf http://eprints.unram.ac.id/11388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media laboratorium virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN Lombok Barat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, karena ada dua kela, X IPA sehingga ditentukan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika peserta didik kelas eksperimen adalah 59,93, sementara nilai rata-rata KPM kelas kontrol adalah 47,31. Data KPM kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh data KPM keduanya homogen. Data KPM dianalisis dengan menggunakan t-test separated varians dan diperoleh thitung sebesar 3,35. Nilai ttabel untuk data KPM sebesar 1,67252, pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik