PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: RANGGA, MEI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11388/1/artikel%20new.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11388/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media laboratorium virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN Lombok Barat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, karena ada dua kela, X IPA sehingga ditentukan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika peserta didik kelas eksperimen adalah 59,93, sementara nilai rata-rata KPM kelas kontrol adalah 47,31. Data KPM kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh data KPM keduanya homogen. Data KPM dianalisis dengan menggunakan t-test separated varians dan diperoleh thitung sebesar 3,35. Nilai ttabel untuk data KPM sebesar 1,67252, pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik