PERANAN RECEPTIONIST DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TAMU UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KOMPLAIN DI DIVA LOMBOK RESORT

Main Author: WARDHANA, LALU GEDE MULYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11300/1/KTI%20READY%20TO%20BURN%20.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11300/
Daftar Isi:
  • Karya tulis ilmiah ini berjudul “Peranan Receptionist Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu Untuk Mencegah Terjadinya Komplain Di Diva Lombok Resort”. Tujuan dari karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan seorang resepsionist dalam memberikan pelayanan kepada tamu untuk mencegah terjadinya komplain di Diva Lombok Resort serta untuk mengetahui bagaimana dampak negatif jika seorang resepsionis tidak menerapkan konsep pelayanan yang maksimal dalam melayani tamu. Kurangnya penerapan konsep pelayanan yang maksimal yang diberikan oleh seorang resepsionis sering kali mengakibatkan terjadinya komplain, melihat pentingnya peranan resepsionis dalam memberikan pelayanan kepada tamu di Diva Lombok Resort mulai dari tamu datang hingga pergi, maka penerapan standar operasional prosedur sangatlah penting untuk diterapkan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu perlu adanya upaya yang dilakukan menejemen hotel untuk meningkatkan standar operasional prosedur adalah dengan mengadakan briefing di pagi hari oleh general manager dengan para front office staff terutama seorang resepsionis guna memberikan informasi yang jelas mengenai hal-hal penting yang akan ditindaklanjuti. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan di Diva Lombok Resort bahwa pelaksanaan standar operasional prosedur telah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi perlu adanya peningkatan dari pihak- pihak manajemen Diva Lombok Resort dan juga staff - staff untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan mencegah terjadinya komplain.