PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PETA KONSEP JENIS LABA- LABA (SPIDER CONCEPT MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMPN 21 MATARAM
Main Author: | MILA MURNIATI, MILA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11224/1/ARTIKEL%20MILA%20MURNIATI%20PDF.pdf http://eprints.unram.ac.id/11224/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran peta konsep jenis laba-laba (Spider Concept Map) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMPN 21 Mataram. Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen dengan desain The Static Group Comparison Design. Sampel dalam penelitian ini 32 orang di kelas eksperimen dan 32 orang di kelas statik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 22 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran peta konsep jenis laba-laba (Spider Consept Map) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol. Implikasinya praktis adalah model pembelajaran Kooperatif pembelajaran peta konsep jenis laba-laba (Spider Concept Map) dapat digunakan dan secara teoritis memperkuat teori konstruktivistik sebagai backgroud teori pengembangan model pembelajaran