PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMPN 1 LABUAPI
Main Author: | ANGGRIANI, RIRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11168/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/11168/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa PPKn kelas VIII di SMPN 1 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan non equivalen control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrmen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (7,701) > ttabel (1,662) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 1 Labuapi.