Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IX SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Awaluddin, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/11155/1/BURNING%20ARTIKEL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/11155/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IX SMPN 11 Mataram dengan jumlah sampel 35 siswa diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dibantu dengan software SPSS 16. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IX SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 dengan kontribusi sebesar 82,9 %. Hal ini didukung dengan nilai r sebesar 0,911 yang menunjukkan bahwa hubungan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IX SMPN 11 Mataram masuk dalam kategori sangat kuat dan nilai Fhitung (77,677) > Ftabel (3,28); 2). Tidak terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IX SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari nilai thitung (0,396) < ttabel (2,036); 3). Terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IX SMPN 11 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari nilai thitung (3,180) > ttabel (2,036).