PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 15 MATARAM
Main Author: | RAMADHAN, FEBY PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11152/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/11152/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 15 Mataram dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 15 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design.Instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukurhasil belajar siswa siswa.Hasil penelitian menunjukkan nilai nilai thitung = 2.95 > ttabel = 2,000, dengan db = 83 sehingga thitung> ttabel pada tarafsignifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.