PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS LINGKUNGAN TEKNOLOGI MASYARAKAT (SALINGTEMAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK BAHAN PSIKOTROPIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 PRAYA TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | APRIANTI, RINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/11146/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20RINA.pdf http://eprints.unram.ac.id/11146/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi pada materi pokok Bahan Psikotropika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Praya Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Salingtemas. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Praya pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 296 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 yang berjumlah 78 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Gain uji-t. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Salingtemas dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA sebesar 69%. Kata kunci: