HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/1017

Main Author: Mayadianti, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1105/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1105/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di gugus IV kecamatan cakranegara tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini Ex-post Facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN di gugus IV kecamatan cakranegara 2016/2017 yang berjumlah 1.303 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling pada siswa kelas II-VI SDN di gugus IV kecamatan cakranegara. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata manajemen kelas adalah 21,69 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 79,11. Terdapat hubungan positif dan signifikansi antara manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal di tentukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5%, di mana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,309 dan hasil dari penelitian ini menunjukan manajemen kelas memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar.