IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4–5 TAHUN DI PAUD GUGUS IV KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Main Author: NURMINAH, NURMINAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10966/1/J0rnal-Revisi%20-.doc
http://eprints.unram.ac.id/10966/
Daftar Isi:
  • Anak merupakan generasi penerus bangsa, oleh karena itu mereka harus mendapatkan perhatian dan pendidikan yang serius sebab masa inilah belajar itu dimulai. Baik atau tidaknya moral anak berawal dari penanaman moral yang diberikan sejak kecil, jika dibiasakan dengan berperilaku baik maka akan terbiasa bersikap atau berprilaku baik dan sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Indikator perkembangan nilai-nilai agama dan moral manakah yang belum berkembang, sudah berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD gugus IV Kecamatan Ampenan tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indikator perkembangan nilai-nilai agama dan moral yang belum berkembang, yang sudah berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 4-5 tahun di PAUD gugus IV Kecamatan Ampenan tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 65 anak. Metode dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang belum berkembang adalah mengenal Tuhan melalui agama yang dianut, mengenal perilaku baik, sopan atau buruk dan membiasakan