“Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaiakan Soal Cerita pada Materi Bilangan Pecahan di SMP Negeri 14 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018”

Main Author: Paizah, Hairul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10875/1/PERSETUJUAN%20ARTIKEL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10875/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipersentasekesalahan yang dilakukansiswakelas VII dalammenyelesaikansoalceritapadamateribilanganpecahandi SMP Negeri14 Mataramtahunajaran 2017/2018. Kesalahan-kesalahan yang dilakukansiswadiamatiberdasarkanlangkah-langkahpenyelesaianPolyayaitu, memahamimasalah, menyusunrencanapenyelesaian, melaksanakanrencana, danmemeriksakembalijawaban yang diperoleh. Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatif. Data diperolehdengantekniktes yangterdiridari5 soalceritadanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanpersentasekesalahanyang dilakukansiswakelas VII dalammenyelesaikansoalceritapadamateribilanganpecahandi SMP Negeri 14 Mataramtahunajaran 2017/2018 adalahsebagaiberikut: 1) kesalahanmemahamisoalsebesar 8,17%, 2) kesalahanmembuatrencanapenyelesaiansebesar 29,58%, 3) kesalahanmelaksanakanrencanasebesar 21,98%, dan 4) kesalahanmemeriksakembalijawaban yang diperolehsebesar 37,92%. Berdasarkanhasiltersebut,diketahuikesalahanterbanyak yang dilakukansiswakelas VII SMP Negeri 14 Mataramtahunajaran 2017/2018 adalahkesalahandalammemeriksakembalijawaban yang diperoleh.