PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: HAMDI, SITA RAMADHANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10868/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20SITA%20FIX.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10868/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain post-test only non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (post-test) pada materi pola bilangan dan barisan bilangan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD). Dari perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s sebesar 0.9 (kriteria tinggi), dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan dan barisan bilangan kelas VIII SMPN 8 Mataram.