PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN SPLDV UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMPN 4 LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: PUTRA, SEPTIA HERIZHA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1085/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/1085/
ctrlnum 1085
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/1085/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN SPLDV UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A&#xD; SMPN 4 LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>PUTRA, SEPTIA HERIZHA</creator><subject>T Technology (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Lingsar tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes yang diberikan pada akhir tiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan KKM individu sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 10,995 dan pertemuan 2 adalah 13 dengan kategori cukup. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 14,67 dan pertemuan 2 adalah 15,65 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal sebesar 56,00%, dengan rata-rata nilai 65,4. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 82,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada tiap siklus. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-A SMP Negeri 4 Lingsar tahun ajaran 2016/2017.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/1085/1/SKRIPSI.docx</identifier><identifier> PUTRA, SEPTIA HERIZHA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN SPLDV UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMPN 4 LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan Unram. </identifier><recordID>1085</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PUTRA, SEPTIA HERIZHA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN SPLDV UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMPN 4 LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic T Technology (General)
url http://eprints.unram.ac.id/1085/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/1085/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Lingsar tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes yang diberikan pada akhir tiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan KKM individu sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 10,995 dan pertemuan 2 adalah 13 dengan kategori cukup. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 14,67 dan pertemuan 2 adalah 15,65 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal sebesar 56,00%, dengan rata-rata nilai 65,4. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 82,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada tiap siklus. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-A SMP Negeri 4 Lingsar tahun ajaran 2016/2017.
id IOS5428.1085
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-03-30T03:15:34Z
last_indexed 2018-03-30T03:15:34Z
recordtype dc
_version_ 1686351081097920512
score 17.538404