PENGARUH PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 02 BELEKA TAHUN PELAJARAN 201 7 /201 8
Main Author: | SUHARTINI, SUHARTINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10713/1/SUHARTINI.pdf http://eprints.unram.ac.id/10713/ |
ctrlnum |
10713 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/10713/</relation><title>PENGARUH
PENERAPAN METODE 
THE POWER OF 
TWO
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA 
PELAJARAN IPA KELAS IV SD
N 02 BELEKA TAHUN 
PELAJARAN 201
7
/201
8</title><creator>SUHARTINI, SUHARTINI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode 
the 
power 
of two
terhadap hasil belajar siswa pada mata IPA kelas IV SD
N 02 Beleka 
Tahun Pelajaran 2017/2018
. Penelitian ini, adalah penelitian lapangan yang 
menggunakan desain eksperimen 
one sho
t case study
. Variabel penelitian ini 
terdiri dari variabel bebas, yait
u penerapan metode 
the power of two
dan variabel 
terikat, yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
N 02 Beleka Tahun Pelajaran 
2017/2018
. Populasi penelitian ini, adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Beleka 
yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data 
menggunakan metode tes 
dan dokumentasi. Dari metode dokumentasi diperoleh data siswa kelas IV SDN 
02 Beleka, beserta data hasil ulangan sem
ester gasal Tahun Pelajaran 2017/2018
. 
Sedangkan tes diberikan setelah diberi perlakuan (
treatment
) pada mata pelajar
an 
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu 
dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal tes. Hasil belajar 
siswa yang menggunakan metode 
the power of two
memiliki nilai rata
-
rata 74,88, 
dengan nilai tertinggi 88 dan nila terendah 58. Hasil uji normalitas data tes hasil 
belajar siswa kelas eksperimen diperoleh X²
hitung
= 8,782 dan X²
t</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/10713/1/SUHARTINI.pdf</identifier><identifier> SUHARTINI, SUHARTINI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 02 BELEKA TAHUN PELAJARAN 201 7 /201 8. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>10713</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SUHARTINI, SUHARTINI |
title |
PENGARUH
PENERAPAN METODE
THE POWER OF
TWO
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN IPA KELAS IV SD
N 02 BELEKA TAHUN
PELAJARAN 201
7
/201
8 |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/10713/1/SUHARTINI.pdf http://eprints.unram.ac.id/10713/ |
contents |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
the
power
of two
terhadap hasil belajar siswa pada mata IPA kelas IV SD
N 02 Beleka
Tahun Pelajaran 2017/2018
. Penelitian ini, adalah penelitian lapangan yang
menggunakan desain eksperimen
one sho
t case study
. Variabel penelitian ini
terdiri dari variabel bebas, yait
u penerapan metode
the power of two
dan variabel
terikat, yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
N 02 Beleka Tahun Pelajaran
2017/2018
. Populasi penelitian ini, adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Beleka
yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan metode tes
dan dokumentasi. Dari metode dokumentasi diperoleh data siswa kelas IV SDN
02 Beleka, beserta data hasil ulangan sem
ester gasal Tahun Pelajaran 2017/2018
.
Sedangkan tes diberikan setelah diberi perlakuan (
treatment
) pada mata pelajar
an
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu
dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal tes. Hasil belajar
siswa yang menggunakan metode
the power of two
memiliki nilai rata
-
rata 74,88,
dengan nilai tertinggi 88 dan nila terendah 58. Hasil uji normalitas data tes hasil
belajar siswa kelas eksperimen diperoleh X2
hitung
= 8,782 dan X2
t |
id |
IOS5428.10713 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:09:33Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:09:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351125892038656 |
score |
17.538404 |