HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 AMPENAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | JANNAH, RAUDATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10697/1/Raudatul%20Jannah%202.pdf http://eprints.unram.ac.id/10697/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN gugus 1 Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017. Kecerdasan emosional yang dimaksud yaitu kemampuan seseorang memahami emosi diri sendiri, mengenali emosi diri sendiri, memotivasi diri, memaha m i emosi orang lain dan membina hubungan . Jenis p enelitian yang digunaka n adalah p enelitian kuantitatif dengan metode korelasional . Metode pengumpulan data yang digun akan adalah metode angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data menggunakan product moment dengan df= 213 pada taraf signifikansi 5% , menunjukkan h asil bahwa 0,407 (r hitung ) > 0,138 r tabel M aka yang diajukan ditolak dan sebaliknya (hipotesis alternatif) diterima. K ontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa yaitu sebesar 16,5% . Maka dapat disimpulkan terdapat h ubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional deng