PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN DI SMAN 2 LABUAPI
Main Author: | HENDRIYANI, IIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10684/1/JURNAL%20IIN%20HENDRYANI.pdf http://eprints.unram.ac.id/10684/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan media lembar kerja peserta didik terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI materi kesetimbangan kelarutan di SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental dalam bentuk nonequivalent control group design (pre- test post-test). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Labuapi. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode sampling jenuh. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan media lembar kerja peserta didik sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional (pembalajaran langsung). Perolehan nilai rata-rata nilai pre-test post-test kelas kontrol sebesar 35,52 dan 53,1 sedangkan kelas eksperimen sebesar 32,13 dan 50,96. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Gain uji-t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis satu pihak (uji pihak kanan). Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0,25) < ttabel (1,68) yang berarti H0 diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan media lembar kerja peserta didik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI materi kesetimbangan kelarutan di SMAN 2 Labuapi.