PERBEDAAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG DENGAN BERBAGAI BENTUK MEDIAN

Main Author: KHARISMA RPP, KHARISMA RPP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10674/1/Artikel%20Ilmiah.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10674/
Daftar Isi:
  • Berkembangnya kawasan perkotaan memberikan dampak padatnya volume lalu lintas di ruas jalan dan di persimpangan. Pengaturan pergerakan pada simpang diatur dan dikelola melaui pengaturan simpang bersinyal dengan alat traffic light. Simpang bersinyal dengan median jalan berpotensi mengakibatkan perbedaan kinerja simpang dibandingkan simpang tanpa median. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui perbedaan kinerja simpang bersinyal dengan berbagai bentuk median di beberapa simpang di Kota Mataram. Metode MKJI 1997 digunakan untuk menganalisis kinerja simpang yang di tinjau. Data geometrik, volume lalu lintas, fase sinyal dan tipe lingkungan jalan adalah data- data yang digunakan untuk analisis dan data tersebut diperoleh dari hasil survei di lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa simpang dengan median tipe ellips dan simpang tanpa median memiliki nilai DS > 0.75, Nilai ini lebih besar dari nilai yang disarankan oleh MKJI 1997 yaitu DS ≤ 0,75 sedangkan simpang dengan median tipe circle memiliki nilai DS < 0.75. Hal ini menunjukkan bahwa median tipe circle memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan simpang dengan median tipe ellips dan simpang tanpa median. Disisi lain, analisis hubungan beberapa variabel menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel volume (v), panjang lintasan (L), dan jari- jari (R) terhadap waktu tempuh (t) yang ditunjukkan oleh nilai R dan R2 ≈ 1.0