MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MISYU CATUNG SISWA KELAS IV SDN 5 DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | HASANAH, MIPTAHUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10617/1/MIPTAHUL%20HASANAH.pdf http://eprints.unram.ac.id/10617/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 5 Dasan Lekong. Beberapa penyebabnya adalah proses pembelajaran yang tidak menarik dan kurangnya penggunaan media dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal ini men gakibatkan siswa tidak termotivasi dalam belajar dikelas yang berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal inilah yang mendorong peneliti melakukan penelitian pada kelas IV dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan me nggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor dengan media misyu catung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil aktivitas guru didapatkan dari lembar aktivitas guru. D ata hasil aktivitas siswa didapat kan dari lembar aktivitas siswa. Hasil belajar siswa didapatkan melalui tes tertulis berupa soal essay . Hasil dari penelitian diperoleh jumlah skor dalam dua siklus mengalami peningkatan. Pada siklus 1 jumlah sko r pada akti vitas guru adalah 11,5 dalam kategor