MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH YANG KREATIF ( CREATIVE PROBLEM SOLVING ) SISWA KELAS IV SDN 29 AMPENAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: KURNIAWATI, MARHAMAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10612/1/MARHAMAH%20KURNIAWATI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10612/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 29 Ampenan. Hal ini disebabkan pembelajaran masih terp usat pada guru , dan penggunaan metode pembelajara n belum bervariasi begitupun dengan media pembelajaran . Guru biasa mengajar dengan metode ceramah kemudian memberikan soal latihan saja tanpa ada memberikan penanaman konsep awal dengan media yang sesuai. Ma salah penelitian ini adalah bagaimana pen erapan metode Creative Problem Solving secara optimal dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 29 Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017 ? . Tujuan penelitian ini adalah untuk men ingkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 29 Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan Optimalisasi Penerapan metode Creative Problem Solving . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaks anaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Pada siklus I diperoleh nilai rata - rata kelas 67,56 dengan ketuntasan klasikal 72,9 7% dan rata - rata skor aktivitas belajar siswa 60 dengan kriteria aktif. Pada siklus II data hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata - rata kelas sebesar 82,10 dengan ketuntasan klasikal 86,8