Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Visual Dengan Bantuan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 27 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: WIRANDI, LALU DICKY SEPTIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10598/1/LALU%20DICKY%20SEPTIAN%20WIRANDI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10598/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini , adalah penelitian eksperimen ( experimental research ) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis visual dengan bantuan Talking Stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 27 Mataram Tahun P elajaran 2016/2017 . Jenis peneli tian ini merupakan eksperimen semu . Teknik pengambilan sampel yang digunakan , adalah Random Sampling . Populasi dan sampel pada penelitian ini , adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Mataram, dimana kelas V A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata - rata ( post - test ) hasil belajar IPA siswa kelas V A SDN 27 Mataram dengan menerapkan media pembelajar an berbasis visual dengan bantuan Talking Stick, adalah 74,64. Sedangk an nilai rata - rata ( post - test ) hasil belajar IPA siswa kelas V B dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional, adalah 50 . Jadi, t erdapat perbedaan yang sig nifikan antara hasil bela jar IPA siswa yang menerapkan media pembelajara