PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS IV JAGARAGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | WATI, L I NDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10584/1/JURNAL%20LINDA.pdf http://eprints.unram.ac.id/10584/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus IV Jagaraga Tahun Ajaran 2016 /2017 . Penelitian ini didasari dari permasalahan , bahwa diduga dukungan oran g tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 205 dengan sampel sebanyak 205 siswa karena semua populasi d ijadikan sampel. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata - rata dukungan o r ang tua siswa, adalah 26.76 ( baik), diantaranya sekitar 62,8 % (133 orang) memiliki dukungan orang tua baik, 24,61 % (48 orang) cukup, dan 7,17 % (14 orang) rendah . N ilai ra ta - rata prestasi belajar IPA siswa , adalah 74,65 yang berkategori cukup. Diantaranya 9,23 % (18 siswa) dalam kategori sangat baik, 37,43% (73 siswa) dalam kategori baik, 38,46% (75 siswa) dalam kategori cukup baik, 11,79% (23 siswa) dalam kategori kurang bai k dan 3,07 % (6 siswa) berada pada kategori tidak baik . Terdapat pengaruh yang sig