MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN ALAM SEKITAR (OUTDOOR LEARNING) SISWA KELAS V SDN 08 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: APRILIA, INTAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10522/1/INTAN%20APRILIA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10522/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 08 Montong Betok Kecamatan Montong Gading Tahun Pelajaran 2017/2018.Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa. Bahwa dari 24 siswa, hanya 13 siswa ( 54%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 65 sedangkan 11 siswa (46%) nilainya di bawah KKM, dengan nilai tertinggi siswa, yaitu 80 dan nilai terendah 32,5. Ketuntasan klasikal mencapai 54% yang seharusnya mencapai minimal 85%. Rendahnya hasil belajar IPA siswa disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif. Pembelajaran masih ditekankan pada buku saja, dan kurangnya memanfaatkan pengetahuan yang ada di lingkungan sekitar.Untuk itu peneliti berusaha menerapkan model pembelajaran Pendekatan Alam Sekit ar (Outdoor Learning) untuk meningkatkan hasil belajar IPA.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan terdiri dari dua kali pertemuan. Kedu