PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LEARNING COMMUNITY (MASYARAKAT BELAJAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 6 PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: RAHMAWATI, ERWIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/10512/1/ERWIN%20RAHMAWATI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/10512/
Daftar Isi:
  • Selama ini dalam proses pembelajaran guru masih mendominasi sehingga peserta didik terkesan hanya 4D (datang, duduk, diam, d engar) saja ke sekolah serta k urangnya motivasi belajar peserta didik dalam belajar. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar matematika pes erta didik SD Negeri 6 Pringgabaya dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis learning community (masyarakat belajar) baik segi proses dan hasil . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Metode observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan peserta didik serta metode tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik . Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I, Aktivitas guru berada pada kategori cukup baik dengan skor 16 dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif dengan skor 64, serta ketuntasan klasikal mencapai 71,41%, mengalami peningkat an pada siklus II yakni aktivitas guru berada pada kategori baik dengann skor 19 dan akti