STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA YANG BERLATAR TK DAN NON TK PADA SISWA SD KELAS 1 GUGUS 3 KECAMATAN SIKUR TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | Virana, Baiq Rena Yuzi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10506/1/BAIQ%20RENA%20YUZI%20VIRANA.pdf http://eprints.unram.ac.id/10506/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang variatif antara siswa yang berlatar TK dan Non TK di SDN di gugus 3. Rumusan masalah yang diajukan adalah b agaimanakah gambaran prestasi belajar Calistung siswa kelas 1 yang berlatar TK dan Non TK, a pakah ada pe rbedaan prestasi belajar Calistung siswa kelas 1 ber - latar TK dan Non - TK . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan prestasi belajar calistung siswa kelas satu Sekolah Dasar yang berlatar TK dan non - TK di SDN G ugus 3 K ecamatan Sikur Lo mbok Timur T ahun 2017 . Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling yaitu t eknik yang digunakan bila populasi mempunyai anggota / unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional , dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 190 siswa dimana 95 siswa yang berlatar TK dan 95 siswa yang berlatar non - TK . Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik t - tes dua sampel. Analisis statistik mengguna kan rumus t - tes dua sampel diperoleh hasil t hitung sebesar 6,029 sedangkan t tabel 1,9 73 pada ( taraf signifikan 0,0 5 ). Hasil penelitian menunjukkan bahw a g a mbaran prestasi belajar siswa yang berasal dari TK memperoleh rata - rata 77, 36 s edangkan prestasi belajar sis