PENGARUH ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | AULIANI, ANNISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10500/1/ANNISA%20AULIANI.pdf http://eprints.unram.ac.id/10500/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Gerung Utara tahun pelajaran 2016/2017 II A 49,22% sedangkan kelas II B 54.5% sehingga peneliti melakukan penelitian eksperimen ( eksperimental research) untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Gerung Utara tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitia n ini menggunakan pretest - posttest control group design. Teknik pengambilan yang digunakan adalah purposive sampling yang dilakukan terhadap kelas II A dan II B untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluru h siswa kelas II SDN 1 Gerung Utara, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol . Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji - t, diperoleh hasil t hitung > t tabel (8,824 > 2,826 ) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan alat peraga coorng berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Gerung Utara tahun pelajara n 2016/2017. Baerdasarkan hasil perbandingan rata - rata nilai siswa pada kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan ( pretest) dengan nilai siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan alat peraga corong berhitung ( posttest) , ternyata mengalami peningkata n yang signifikan, dari perolehan nilai rata - rata siswa saat dilakukan pretest yakni 67% meningkat menjadi 75 % ketika diberikan posttest . Penerapan alat peraga corong berhitung didalam proses pembelajaran berhitung dapat memberikan hasil belajar y