KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MAJAS PERBANDINGAN DALAM MEMPRODUKSI TEKS EKSEMPLUM DENGAN METODE SAINTIFIK SISWA KELAS IX SEKABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | SURIATI, NI LUH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10448/1/TESIS.pdf http://eprints.unram.ac.id/10448/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji kemampuan menggunakan majas perbandingan dalam memproduksi teks eksemplum. Dipilihnya judul ini untuk mendapatkan alternatif baru dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Struktur teks eksemplum istimewa dibandingkan dengan teks yang lain. Struktur teks eksemplum: judul, orientasi, insiden, interpretasi. Interpretasi berisi pesan moral atas kejadian yang dialami tokoh. Pesan moral yang diproduksi siswa menggambarkan karakter siswa. Majas adalah gaya bahasa yang merupakan pemberi hidup, keindahan bahasa dalam sebuah teks. Penelitian ini memadukan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan tes. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian diolah dengan rubrik penilaian kurikulum 2013. Kriteria ketuntasan 75%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa, siswa kelas IX tahun pelajaran 2017/2018 Kabupaten Lombok Utara, mampu menggunakan majas perbandingan dalam memproduksi teks eksemplum. Penggunaan majas dalam teks eksemplum terdapat pada dua struktur yaitu struktur orientasi dan insiden. Majas tidak digunakan dalam struktur interpretasi. Siswa telah menggunakan dengan baik tiga unsur kebahasaan dari empat unsur kebahasaan teks eksemplum. Kesimpulanya bahwa, penggunaan unsur majas perbandingan dalam memproduksi teks eksemplum dapat digunakan sebagai variasi dalam memproduksi teks baik teks sastra maupun non sastra.