PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARA 2017/2018
Main Author: | ARDIANI, HUSNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10387/1/artikel%20husna%20ardiani%20p.%20biologi%20nim%20E1A1013018.pdf http://eprints.unram.ac.id/10387/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning pada pokok bahasan ekosistem terhadap hasil belajar ipa terpadu siswa kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan esay. Nilai rata-rata pre test dan post test untuk kelas kontrol, berturut- turut adalah 32,52 dan 65,97, sedangkan untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pre test dan post test dengan berturut- turut adalah 42,97 dan 70,55. Data hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 2 yang lebih besar dari ttabel = 1,66. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII di SMPN 8 Mataram Tahun 2017\2018.