PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 26 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | DEVIANTINI, NI WAYAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/10357/1/JURNAL%20NI%20WAYAN%20DEVIANTINI.pdf http://eprints.unram.ac.id/10357/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya masalah belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 26 Ampenan. Sehubungan dengan masalah tersebut model pembelajaran Course Review Horay merupakan salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam memecahkan masalah. dengan model ini siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, pembelajaran tidak monoton karena diselingi dengan hiburan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 26 Ampenan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Metode pengumpulan data melalui test dan non test. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari lima tahapan yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi , evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 85,40 sedangkan pada siklus I yaitu 76,45. Ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 65,38 sedangkan ketuntasan yang harus dicapai yaitu 85%. Maka hasil ketuntasan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88,46%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 26 Ampenan tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci :